Dampak Media Sosial pada Bisnis di 2022

Dampak Media Sosial pada Bisnis di 2022

Dampak Media Sosial pada Bisnis di 2022 – Media sosial memiliki dampak besar pada bagaimana bisnis menemukan dan berkomunikasi dengan audiens mereka.

Dampak Media Sosial pada Bisnis di 2022

 Baca Juga : Bagaimana media berubah dan berkembang?

nextmediaevents – Sebelum media sosial, bisnis harus melakukan perjalanan ke acara langsung untuk menemukan kelompok prospek yang ditargetkan. Sayangnya, biaya rata-rata untuk menghadiri bahkan konferensi bisnis kecil adalah sekitar $1.000 , sehingga sangat sulit bagi para pemula untuk tampil di depan audiens target mereka.

Media sosial telah mengubahnya dengan:

Mengizinkan perusahaan rintisan untuk tampil di depan sekelompok orang yang ditargetkan secara virtual
Mengubah cara bisnis berkomunikasi dengan audiens mereka
Mengganti kartu nama (yang sering berakhir di tempat sampah) dengan muncul di umpan audiens Anda
Mempermudah bisnis untuk memberikan nilai di muka sebelum meminta apa pun dari prospek

8 Cara Media Sosial Mempengaruhi Bisnis Anda

Dalam posting ini, Anda akan mempelajari tidak hanya dampak pemasaran media sosial pada bisnis kecil tetapi juga bagaimana merek paling sukses di dunia memanfaatkannya dengan contoh sederhana dan takeaways yang dapat ditindaklanjuti.

1) Memungkinkan Bisnis Menjadi Omni-Present

Rata-rata orang saat ini memiliki sekitar delapan akun media sosial (sembilan untuk orang berusia 16-24). Jika merek Anda hadir bahkan di beberapa platform tersebut, Anda akan tampak ada “di mana-mana” dalam kehidupan orang itu.

Anda mungkin pernah mendengar tentang aturan tujuh , yang menyatakan bahwa calon pelanggan perlu melihat pesan merek tujuh kali sebelum membeli. Jumlah itu kemungkinan jauh lebih tinggi pada tahun 2022, karena orang menemukan lebih dari 5.000 pesan pencitraan merek dalam sehari . Oleh karena itu, media sosial adalah alat yang luar biasa untuk membantu merek Anda meningkatkan tampilan dan mendapatkan kesadaran merek yang lebih baik.

Di sini, di Single Grain, kami melipatgandakan lalu lintas kami dari 2017-2018 dengan menggunakan pendekatan omnichannel. Sebagian besar pendekatan itu melibatkan pembuatan ulang konten dengan media sosial.

Kami juga menghabiskan banyak waktu untuk menguji berbagai jenis konten dan memposting secara native di setiap platform.

Misalnya, kami melakukan berbagai video langsung dan pra-rekaman, serta posting tertulis, ditambah kami memanfaatkan akun sosial pribadi CEO Single Grain Eric untuk membantu kami mendapatkan daya tarik.

Bahkan tanpa membayar iklan, platform seperti LinkedIn dan Twitter masih memberikan jangkauan organik yang layak, terutama jika karyawan dan teman Anda berbagi dan menyukai konten Anda.

2) Meningkatkan Personalisasi

Dampak utama media sosial dalam dunia bisnis saat ini adalah tingkat personalisasi baru yang dapat dicapai merek: Sepertiga pemasar mengklaim bahwa mengembangkan pengalaman yang lebih personal adalah prioritas . Selain itu, 81% konsumen menghargai merek yang mengenal mereka dan memahami kapan harus menjual kepada mereka dan tidak pantas.

Dengan media sosial, mudah untuk masuk ke dalam aktivitas sehari-hari prospek Anda secara diam-diam. Itu membantu Anda mengembangkan interaksi yang lebih pribadi, karena Anda dapat menayangkan iklan kepada mereka tergantung pada minat dan interaksi mereka sebelumnya.

Misalnya, iklan HubSpot ini ditampilkan setelah seseorang melihat perangkat lunak CRM tetapi tidak membelinya.

Gambar itu sendiri, yang secara efektif menyampaikan nilai produk, tampak seperti gambar ponsel sederhana. Karena sebagian besar gambar teman Anda di Facebook tidak profesional, bidikan ponsel membantu HubSpot berbaur dengan postingan Anda alih-alih menonjol sebagai iklan yang apik. Ini memberi merek penampilan yang jauh lebih personal dan manusiawi.

Fitur lain yang membantu banyak bisnis menonjol adalah bot messenger (terutama di Facebook dan Twitter). Digunakan dengan benar, bot ini berpotensi membawa personalisasi ke tingkat yang lebih tinggi.

Tetapi Anda harus pintar tentang penggunaan chatbot Anda. Dalam contoh di atas, hanya pesan pertama yang merupakan pesan otomatis. Jika penerima pesan sebenarnya adalah bot, mereka tidak akan membalas. Jika seseorang tidak menjawab, itu memicu manusia untuk mengambil alih komunikasi. Chatbots bisa menjadi menjengkelkan jika bot tidak dapat menjawab pertanyaan calon pelanggan Anda, jadi pastikan bahwa manusia tersedia untuk melompat!

Selain itu, perusahaan ini tidak menggunakan chatbot untuk menjual apa pun di awal. Percakapan diarahkan untuk memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan calon pelanggan. Perhatikan bahwa selama obrolan, perwakilan penjualan juga menyebutkan sepotong konten yang dibagikan prospek, yang meningkatkan personalisasi.

3) Menghasilkan Lebih Banyak Loyalitas

Media sosial memiliki dampak positif lain pada bisnis: Ini membantu mereka menghasilkan lebih banyak loyalitas.

Cara pertama yang dapat dilakukan oleh bisnis adalah dengan membuat halaman mereka sendiri di satu atau lebih jejaring sosial dan mendorong interaksi.

Sebuah contoh bintang merek yang sangat berinteraksi dengan pelanggan dan memiliki pengikut yang benar-benar setia adalah Glossier. Berapa banyak merek lain yang memiliki pelanggan yang begitu setia sehingga mereka mencetak poster (“Basam bibir yang hilang: Jika ditemukan, kembalikan ke Zain Ameen tahun 13”) dalam upaya untuk menemukan produk yang hilang yang mereka beli dari merek Anda?

Bagian terbaik di sini? Pelanggan kemudian mempostingnya di Twitter, menghasilkan kurang dari 600 suka, dan merek me-retweet-nya!

Dengan membagikan posting pelanggan Anda, media sosial memungkinkan Anda untuk menumbuhkan pengikut setia karena Anda dapat melihat bagaimana pelanggan menggunakan produk setelah penjualan. Cinta untuk produk Anda menjadi menular dan sebelum Anda menyadarinya, Anda memiliki ratusan penginjil merek.

Cara lain yang luar biasa media sosial memungkinkan kita untuk membangun pengikut setia adalah dengan membuat grup pribadi. Noah Kagan dari Sumo percaya bahwa membangun platform di media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk menumbuhkan pengikut yang setia.

Platform sosial sudah menarik perhatian pelanggan Anda. Ini meruntuhkan penghalang mencoba membuat mereka membuka email atau mengklik tautan karena mereka sudah ada di sana.

Kunci untuk benar-benar membangun pengikut adalah terlibat dengan orang-orang dalam grup secara teratur. Noah menawarkan untuk melakukan sesi 30 menit gratis dengan seseorang yang tinggal di grup.

Salah satu kunci untuk menciptakan pengikut yang benar-benar setia adalah konsistensi dari waktu ke waktu. Media sosial juga merupakan cara yang bagus untuk membangun pengikut setia dan kemudian mentransisikannya ke saluran yang Anda miliki seperti email.

4) Meningkatkan Kolaborasi Industri

Media sosial dapat secara signifikan memengaruhi bisnis yang mengandalkan pertumbuhan melalui kolaborasi.

Pemasaran influencer mungkin merupakan bentuk kolaborasi yang paling umum dan juga sangat efektif: 65% pemasar mengatakan bahwa anggaran pemasaran influencer mereka akan meningkat di tahun mendatang.

Misalnya, GymShark telah memanfaatkan pemasaran influencer dengan sukses besar di TikTok . Berikut adalah contoh video yang menghasilkan lebih dari 600.000 suka dan 1.500 komentar.

Namun, media sosial lebih dari sekadar platform untuk pemasaran influencer . Ini juga memungkinkan merek untuk berkolaborasi tanpa hambatan dan memperluas audiens mereka hanya dengan berbagi pos.

Tanpa media sosial, kolaborasi jauh lebih terlibat dan biasanya membutuhkan pengiriman email khusus ke daftar mitra atau bahkan hosting webinar.

Ini sangat berguna untuk situs web startup yang ingin mendapatkan lalu lintas. Blog pemasaran My Ignite My Site adalah contoh yang bagus – situs web tumbuh melalui wawancara dengan influencer yang kemudian membagikan konten di media sosial. Faktanya, 73% dari lalu lintas yang kami peroleh masih berasal dari media sosial!

5) Menambahkan Kredibilitas ke Merek Anda

Jika seseorang meneliti bisnis sebelum melakukan pembelian, salah satu tempat pertama yang mungkin akan mereka periksa adalah akun media sosial merek tersebut untuk melihat apakah mereka memiliki diskon atau hanya untuk memastikan bahwa mereka masih aktif. Prospek juga dapat melihat penggemar dan suka Anda, yang meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Melihat halaman bisnis dengan ribuan ulasan luar biasa, seperti ini untuk restoran sushi lokal , memberi Anda kepercayaan diri untuk mencobanya.

Media sosial adalah cara yang bagus untuk membantu menghasilkan ulasan, karena pelanggan Anda sudah terbiasa menggunakan platform sosial seperti Facebook. Untuk lebih meningkatkan ulasan, pertimbangkan untuk mengirim email ke pelanggan Anda meminta mereka untuk meninggalkan ulasan, dan pastikan untuk menyertakan tautan ke akun sosial Anda. Posting ke situs web Anda juga.

Media sosial juga memungkinkan bisnis untuk mengambil kendali atas manajemen reputasi . Bahkan jika Anda memiliki pelanggan yang tidak puas, pelanggan potensial dapat melihat bagaimana Anda merespons situasi tersebut. Ini penting karena 30% orang melihat bisnis yang menanggapi ulasan online secara positif.

6) Meningkatkan Rujukan

Salah satu manfaat terbesar dari media sosial adalah platform virtual dari mulut ke mulut. Jika Anda seperti 71% konsumen lain , Anda akan membeli produk berdasarkan referensi media sosial di beberapa titik waktu. Ada sejumlah bisnis, seperti Dropbox dan Evernote, yang dibangun berdasarkan referensi.

Lalu bagaimana cara meningkatkan referral? Mulailah dengan menawarkan layanan yang luar biasa dan jadikan setiap pelanggan penggemar yang mengoceh. Jika Anda sudah memiliki produk atau layanan yang luar biasa, Anda dapat memanfaatkan media sosial dengan menjalankan kontes.

Sayangnya kontes seperti “berbagi untuk menang” telah dilarang di Facebook. Meskipun demikian, Anda masih dapat menjalankan kontes yang memungkinkan Anda untuk meminta suka, pesan, atau komentar. Dan mereka bekerja – bahkan jika Anda adalah perusahaan B2B.

Noah Kagan mengadakan kontes giveaway setiap hari di bulan Januari untuk produk yang disukai dan digunakannya (buku, snack, show, kopi, dll). Aturannya hanya untuk menyukai dan mengomentari posting.

Meskipun jumlah keterlibatan ini mungkin tidak setinggi beberapa kontes, ini membantu menjaga basis penggemarnya tetap aktif dan melihat postingannya. Hadiah giveaway (seperti buku Tim Ferriss dan Ryan Holiday) ditargetkan pada orang-orang yang cocok dengan mereknya, bukan hanya menghasilkan suka acak dari publik.

7) Membantu Anda Membangun Merek Pribadi

Terlepas dari apakah bisnis Anda adalah B2B atau B2C, membangun merek pribadi bisa sangat berharga. Dalam pemasaran, para ahli seperti Neil Patel, Rand Fishkin, dan Larry Kim semuanya memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan merek mereka.

Sebagian besar konten Neil adalah video pendidikan. Dia menyajikan konsep-konsep yang berpotensi rumit dalam format yang sederhana dan mudah dipahami sehingga siapa pun dapat mengambil kiat-kiat yang dapat ditindaklanjuti. Dia juga memposting sangat konsisten dengan sekitar 4-6 posting per minggu. Di LinkedIn, dia selalu memposting lebih banyak video daripada posting berbasis teks, mungkin karena platform ini lebih suka menampilkan video dan konten langsung daripada konten berbasis teks.

Jadi bereksperimenlah dengan format konten yang berbeda untuk setiap saluran sosial dan pastikan untuk memposting secara asli ke saluran itu. Tidak semua saluran menginginkan jenis konten yang sama.

Perhatikan juga bahwa hampir semua influencer ada di mana-mana saat membangun merek pribadi mereka. Pastikan Anda memiliki akun di semua saluran sosial yang relevan untuk bisnis Anda dan Anda memposting dengan jadwal yang konsisten.

8) Membantu Anda Mengukur Umpan Balik Audiens

Setelah meluncurkan produk atau layanan baru, hal pertama yang ingin Anda ketahui adalah bagaimana orang memandang peluncuran baru Anda. Apakah produk mudah digunakan? Apakah ada fitur penting yang hilang? Apakah Anda mencantumkannya pada titik harga yang bagus?

Meskipun tidak jarang mendapat keluhan dari orang-orang yang bahkan tidak membeli, media sosial adalah cara yang bagus untuk memulai percakapan dengan audiens Anda dan mengukur kepuasan mereka.

Jika Anda akan merilis fitur produk baru, Anda juga dapat meminta saran dari audiens atau mengujinya sebelum meluncurkannya. Berikut contoh dari Noah Kagan sebelum meluncurkan produk Shopify-nya.

Pastikan bahwa setelah Anda meminta umpan balik, Anda meluangkan waktu untuk menanggapi pelanggan Anda. Anda tidak harus menerapkan semua yang mereka katakan, tetapi tanggapi dan jelaskan mengapa Anda bisa atau tidak bisa melakukan sesuatu. Ini membantu menjaga pertunangan Anda juga.

Di mana Anda Harus Mulai

Sekarang setelah Anda melihat beberapa contoh bagus tentang bagaimana media sosial dapat memengaruhi pertumbuhan bisnis, inilah saatnya untuk mulai menerapkan kiat-kiat ini.

Jika Anda sudah menyiapkan akun sosial di semua platform yang relevan, lihat jadwal posting Anda. Apakah Anda memposting beberapa kali per minggu? Coba juga uji campuran posting tertulis, video langsung, dan video yang direkam sebelumnya.

Anda bahkan mungkin ingin menguji kolaborasi dengan influencer industri yang lebih besar atau secara berkala memposting tautan ke konten di tempat, tempat Anda dapat menilai keterlibatan pengguna dengan lebih akurat. Posting masing-masing secara native ke platform untuk dampak maksimal dan tanggapi komentar pengguna Anda. Alat pengujian elemen halaman membantu Anda memantau keterlibatan pengguna dari waktu ke waktu.

Share
Exit mobile version